Instan = Easy Come Easy Go

Kata ‘instan’ erat hubungannya dengan ‘cepat’ dan ‘praktis’. Tapi tidak erat hubungannya dengan ‘tahan lama’.

Mau kaya cepat? Gampang: KORUPSI! Ini cara paling instan. Tapi apakah Agan akan bisa menikmatinya dalam jangka waktu yang lama? Saya rasa tidak.

Orang yang mendapatkan harta secara instan seperti ini, biasanya ‘tidak siap’ secara mental. Padahal, kesiapan mental dalam hal apapun itu sangat penting. Nah, karena ngga siap mental, biasanya mereka ngga akan bisa mempertahankan uang yang mereka dapatkan dengan mudah ini. Jangan heran kalau akhirnya, mereka hambur-hamburkan uang itu untuk hal-hal yang tidak perlu, judi, dan sebagainya.

Pepatah Bahasa Inggrisnya: “Easy come, easy go”, artinya: segala sesuatu yang ‘datang’ dengan mudah, akan ‘pergi’ pula dengan mudah. Koq bisa? Ya jelas, karena dapetinnya gampang, kecenderungannya, kita ngga akan menghormatinya. Yang ada di benak kita, “Ah, nanti juga dapet lagi.”

Nah, kalau sesuatu yang sulit didapatkan, secara psikologis, pasti akan kita sayang-sayang. Kita akan jaga. Kita akan hati-hati…

Begitu juga dengan sebuah kesuksesan. Apapun arti sukses untuk Agan, jangan pernah berpikir untuk bisa mendapatkannya secara instan. Berusaha sebaik mungkin, agar bisa mendapatkannya lebih cepat (daripada kalau tidak berusaha keras) itu baik. Tapi, jangan ambil jalan pintas dengan menipu orang lain atau korupsi!

Kalau saya bisa jadi GM Oakley Indonesia di umur 26 tahun. Bukan karena saya ambil jalan pintas. Tapi lebih karena saya sudah berusaha dari sejak kuliah. Saya berusaha keras ketika kuliah, dan lulus S1 dalam 2 tahun 8 bulan. Kemudian saya lanjutkan S2; masuk January 2001, lulus Desember 2001 (1 tahun). Sehingga ketika saya mulai bekerja, saya sudah berbekal S2 ketika umur saya kala itu masih 22 tahun…

Kisah nyata ini saya angkat karena mungkin ada Agan yang berpikir, “Koq Billy bilang jangan instan sukses, sementara disetiap kesempatan Billy selalu bilang: Kalau bisa sukses di usia muda, kenapa mesti nunggu tua?” Tujuannya, ya itu tadi, untuk menekankan bahwa sukses itu bisa diraih lebih cepat, ketika kita berusaha… BUKAN ketika kita mengambil jalan pintas!

See you ON TOP!

Sumber : Billy Boen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: