Internet Sharing + Ubuntu

sudah seminggu lebih saya menggunakan ubuntu 7.04. dan seperti biasa, saya direpotkan dengan melakukan googling untuk melakukan hal-hal yang ingin saya lakukan dengan instalasi ubuntu saya yang baru. kali ini saya akan menuliskan apa saja yang telah saya lakukan agar bisa menjadi catatan saya di kemudian hari.sebelumnya saya menggunakan ubuntu 5.10 breezy, dan tadinya saya berharap saya bisa melakukan upgrading dengan dapper ini. ternyata harapan saya salah, cd dapper ini tidak ada opsi untuk melakukan upgrade. padahal sewaktu saya dulu mengunduh dvd dapper flight 3, ada opsi untuk melakukan upgrade. sebagai catatan, lebih baik menaruh /home di partisi lain, agar proses instalasi tidak membuyarkan personal setting yang sudah ada.

kembali ke topik, saya akhirnya mendapatkan petunjuk untuk melakukan internet connection sharing di ubuntu. akan saya tulis ulang di sini dalam bahasa indonesia. konfigurasi saya adalah sebuah komputer yang mempunyai dua ethernet, dan salah satu ethernet-nya terkoneksi ke internet.

  1. mulai dengan melakukan konfigurasi network anda sampai anda bisa koneksi ke internet dengan desktop anda. lalu konfigurasikan ethernet yang terkoneksi ke jaringan lokal agar memiliki IP statik, sebagai contoh saya di kantor menggunakan 192.168.0.1, di rumah menggunakan 10.0.0.1.
  2. edit file /proc/sys/net/ipv4/ip_forward (sudo nano /proc/sys/net/ipv4/ip_forward), ganti angka 0 menjadi 1.
  3. jalankan perintah sudo iptables -t nat -A POSTROUTING -j MASQUERADE.
  4. lalukan instalasi dnsmasq dan ipmasq: sudo apt-get install dnsmasq ipmasq.
  5. restart dnsmasq: /etc/init.d/dnsmasq restart.
  6. konfigurasikan ipmasq agar dijalankan setelah network aktif: dpkg-reconfigure ipmasq
  7. tambahkan baris net.ipv4.ip_forward = 1 ke dalam file /etc/sysctl.conf: sudo nano /etc/sysctl.conf.
Ditulis dalam Linux, Proxy. Tag: . 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Internet Sharing + Ubuntu”

  1. iwan Says:

    salam kenal mas..

    isi dari blog ini membantu saya dalam mengconfigure server dikantor saya..terima kasih atas tulisannya mas..,tapi saya punya sedikit masalah mas.. di kantor, saya pasang squid proxy untuk jaringan local dan public —> biar bisa diakses proxynya dari rumah. untuk local gak ada masal tapi yang untuk public kok gak bisa saya gunakan dari rumah..kira2 setting nya gimana mas, sebgai tambahan squid dipasang di ubuntu dengan 1 buah ethernet . untuk mengakses webhtbnya squid dari public tidak ada gendala, yang jadi permasalahannya squid dipakai dari rumah eror access denied
    skemanya kira2 seperti ini :
    1.modem—>2.router Mikrotik—>3.squid proxy (crosslink)–> 4.hub—>5.user.
    Mohon pencerahannya mas..
    terimakasih,


Tinggalkan Balasan

